Skip to main content

Latihan Soal Metode Penelitian Pertemuan 2

  1.  Pada penelitian kualitatif masalah yang dihadirkan oleh peneliti masih (kecuali)
    1. Masih Samar
    2. Cenderung Tidak Jelas
    3. Komplek
    4. Sudah Jelas
    5. Bersifat Sementara
  2. Dibuat secara umum, bersifat fleksibel dan akan bisa berkembang, muncul dalam proses penelitian .....
    1. Teknik Pengumpulan data
    2. Tujuan Penelitian Kualitati
    3. Desain Penelitian Kualitatif
    4. Instrumen Penelitian Kualitati
    5. Sample Penelitian Kualitatif
  3. Menggunakan participant observation,Indepth interview, dokumentasi dan trianggulasi.
    1. Teknik Pengumpulan data.
    2. Tujuan Penelitian Kualitati
    3. Desain Penelitian Kualitatif
    4. Instrumen Penelitian Kualitati
    5. Sample Penelitian Kualitatif
  4. Bersifat kecil, tidak representatif, porposif, snowball, berkembang selama proses penelitian..
    1. Teknik Pengumpulan data
    2. Tujuan Penelitian Kualitatif
    3. Desain Penelitian Kualitatif
    4. Instrumen Penelitian Kualitatif
    5. Sample Penelitian Kualitatif
  5. Menggunakan koesioner, observasi dan wawancara terstruktur......
    1. Teknik Pengumpulan data
    2. Tujuan Penelitian Kualitatif
    3. Instrumen Penelitian Kualitatif
    4. Desain Penelitian Kualitatif
    5. Sample Penelitian Kualitatif

 

ESSAY

1.   Buatlah Contoh judul dengan pemikiran kalian tentang Penelitian Kuantitatif dan penelitian Kualitatif

2.   Buatlah Latar belakangnya, minimal 3 paragraf


 Jawaban:

Judul penelitian kualitatif

 Cara Belajar Siswa Berprestasi

Latar Belakang:

 

            Kegiatan pembelajaran adalah kegiatan terpenting dalam proses pendidikan baik di sekolah maupun di bangku perkuliahan. Keberhasilan suatu Lembaga pendidikan ditentukan oleh kinerja dari proses pembelajaran. Disini peran guru sangatlah penting untuk meningkatkan prestasi siswa, selain peran guru, aspek yang tidak kalah penting adalah optimal atau tidak optimalnya cara belajar siswa dalam meningkatkan prestasinya.

            Ada dua faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam menguasai materi pembelajaran. Faktor tersebut adalah faktor dari dalam (internal) siswa dan faktor dari luar (eksternal) siswa. Salah satu yang termasuk faktor internal adalah cara belajar siswa. Tanpa adanya semangat belajar siswa, maka siswa tidak akan bisa mencapai tujuan belajar. Dengan cara belajar yang baik maka tujuan siswa akan tercapai secara optimal.

            Setiap individu adalah satu kesatuan, yang memiliki perbedaan satu sama lain. Perbedaan tersebut dapat dibedakan dari segi horizontal dan segi vertikal. Perbedaan horizontal yaitu perbedaan dalam aspek mental, misal bakat, minat, tingkat kesadaran, emosi, ingatan, dan sebagainya. Perbedaan versi vertikal yaitu perbedaan dalam segi jasmaniah, misalnya berat dan tinggi badan, tenaga, bentuk tubuh, dan sebagainya.

            Ciri siswa yang kurang cerdas yaitu memerlukan banyak latihan, memerlukan waktu lebih lama, belajar lebih lamban, dan tidak mampu mengabstraksi. Ciri siswa dengan tingkat kecerdasan tinggi yaitu belajar lebih cepat, memiliki tingkat perhatian yang baik, mampu menarik kesimpulan, kurang memerlukan latihan, mampu menyelesaiakn pekerjaan secara cepat, dan dapat melakukan abstraksi.

 

2.      Judul penelitian kuantitatif

Perbedaan Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa

Latar Belakang:

Pendidikan sangat penting sebagai upaya dari manusia untuk mencapai taraf hidup lebih baik. Manusia pada hakikatnya adalah makhluk tertinggi derajatnya dibanding makhluk lainnya karena manusia memiliki akal, pikiran, dan budi pekerti. Manusia juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri yang dapat dilakukan lewat interaksi dengan lingkungannya.

Dalam rangka mengembangkan diri maka manusia melakukan proses belajar mengajar sebagai indikator kualitas pendidikan, perbaikan dan penyempurnaan sistem pengajaran memerlukan upaya yang realistis. Sehingga melalui upaya tersebut akan terciptanya proses belajar yang baik yang akan meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga tujuan dari sistem Pendidikan nasional tercapai.

Kemajuan iptek dewasa ini menuntut pengembangan siswa yang sangat diperlukan oleh siswa untuk melanjutkan pembelajaran ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengambangkan minat dan bakat serta menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perkembangan zaman, sehingga ini menjadi bekal awal agar siswa dapat berfikir kritis dalam rangka mengembangkan kreatifitas dan minat siswa terhadap lingkungan.

Penggunaan metode pembelajaran oleh guru itu harus tepat disesuaikan dengan pembelajaran sehingga menimbulkan keaktifan siswa dalam pembelajaran untuk menerima dan mengolah informasi serta proses pembelajaran yang berlangsung dapat dengan mudah di cerna oleh siswa.



SEMOGA BERMANFAAT!!

 

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Akuntansi Biaya dan Praktik Pertemuan 4

1. Diket: Produk masuk proses 3.000 kg, produk selesai ditransfer ke dept 2 sebesar 2.600, Produk dalam proses akhir 300 kg (100%BB, 50% BK), Produk hilang akhir proses sebanyak 100 kg. Berapakah unit ekuivalen Biaya Overhead pabrik: a. 3.000 kg b. 2.850 kg c. 2.750 kg d. 2.600 kg e. 2.900 kg Cara Hitung : Diket : Barang Masuk = 3000kg Barang Jadi = 2600kg BDP = 300(100%BB,50%BK) Barang Hilang = 100kg Unit ekuivalen BOP = 2600kg + (50% x 300kg) + 100 = 2600kg + 150kg + 100kg = 2850kg 2. Suatu produk yang hilang setelah proses produksi berjalan sehingga telah menyerap biaya produksi disebut: a. Produk hilang awal proses b. Produk hilang akhir proses c. Produk rusak d. Produk cacat e. Produk jadi 3. Diketahui produk selesai di departemen pertama sebanyak 400 unit, produk dalam proses akhir 100 unit (100% BB, 70% BK) dan produk hilang awal proses sebesar 30 unit, berapa unitkah produk yang dimasukkan kedalam proses: a. 470 b. 530 c. 500 d. 600 e. 700 Caran...

Latihan Soal Analisa Laporan Keuangan Pertemuan 4

1. Jika dalam membandingkan LK Trend Prosentase menggunakan data lebih dari tiga tahun maka analisa yang dipergunakan adalah :  *   A. Angka Index B. Angka Tunggal C. Angka Random D. Angka Nominal E. Angka Variabel 2. yang tidak termasuk hal-hal yang di tunjukan dalam perbandingan terhadap analisa LK sebagai berikut :  *   A. Data Absolut B. Perubahan Prosentase C. Perbandingan Ratio D. Data Relatip Saja E. Perbandingan Data 3. syarat suatu data dapat diperbandingan adalah selain kosekuensi pencatatan adalah :   A. Terjadi Perubahan Nilai B. Tak terjadi Perubahan Nilai C. Terjadinya Inflasi D. Terjadinya Deflasi E. Terjadinya Kolusi   4. Jika terjadi perubahan nilai karena adanya inflasi maupun deflasi, maka pada saat perbandingan LK data harus terlebih dahulu dilakukan :  *   A. Adjusment B. Digabungkan C. Dirata-rata D. Dikomposisikan E. Pemecahan 5. Membagi jumlah tiap pos yang terdapat ...

Latihan Statistika Pertemuan 3

  1. Nilai-nilai yang membagi sehimpunan data menjadi seratus bagian yang sama yaitu.. a. Desil                                                   d . Fraktil b. Persentil                                           e . Median c. Kuartil   2. Median merupakan … a. Kuartil ke-1                                    d. Presentil ke 50 b . Kuartil ke-2        ...