Skip to main content

Kumpulan Soal Analisa Perancangan Sistem Informasi Akuntansi

 

 

Pertemuan 1

 

1.       Kegiatan untuk melihat sistem yang sudah berjalan, melihat bagian mana yang bagus dan tidak bagus dan kemudian mendokumentasikan kebutuhan yang akan dipenuhi dalam sistem yang baru merupakan definisi dari ...

 

a.       pengumpulan data

b.       analisis sistem

c.       desain sistem

d.       implementasi

e.       pengujian

 

2.       Memahami kerja dari sistem yang ada merupakan analisis sistem pada langkah ...

 

a.       identify

b.       understand

c.       analyze

d.       report

e.       implementation

 

3.       Contoh pewarisan (inheritance) yang benar dari Kelas SegiTiga adalah ...

 

a.       kelas Lingkaran dan kelas SegiTiga SamaSisi

b.       kelas Persegi dan kelas PersegiPanjang

c.       kelas Lingkaran dan kelas Tabung

d.       kelas SegiTiga SamaSisi dan kelas SegiTiga SamaKaki

e.       kelas SegiTiga dan kelas Trapesium

 

4.       Fase Software Development Life Cycle (SDLC) yang benar adalah ...

 

a.       Perencanaan - Analisis - Desain - Implementasi

b.       Identify - Understanding - Analyze - Report

c.       Identifikasi - Observasi - Analisis - Implementasi

d.       Analisis - Desain - Implementasi - Pemeliharaan

e.       Perencanaan - Desain - Analisis Pengujian

 

5.       Model SDLC yang paling sederhana dalam pengembangan perangkat lunak dengan spesifikasi yang tidak berubah-rubah disebut dengan model ...

 

a.       Prototype

b.       R & D

c.       Spiral

d.       Iteratif

e.       Waterfall

 

 

 

 

 

Pertemuan 2

 

1.       Diagram yang menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem disebut dengan

 

a.       Use Case Diagram

b.       Activity Diagram

c.       Class Diagram

d.       Sequence Diagram

e.       Deployment Diagram

 

2.       Simbol yang merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem adalah ...

 

a.       Relationship

b.       Actor

c.       Use Case

d.       Class

e.       Boundary

 

3.       Contoh dari actor yang benar dalam use case diagram adalah ...

 

a.       Buka rekening

b.       Catat data pribadi

c.       Bagian keuangan

d.       Mengelola pustaka

e.       Melakukan registrasi

 

4.       Workflow (aliran kerja) atau simbol dari sebuah sistem atau proses bisnis atau menu yang ada diperangkat lunak merupakan definisi dari ...

 

a.       Use Case Diagram

b.       Activity Diagram

c.       Class Diagram

d.       Sequence Diagram

e.       Deployment Diagram

 

5.       Arus kendali dari suatu action/activity ke action/activity yang lain merupakan fungsi dari simbol ...

 

a.       Initial Node

b.       Final Node

c.       Control Flow

d.       Activity

e.       Decision


Pertemuan 3

 

1.       Jenis-jenis dari objek dalam suatu sistem dan berbagai jenis hubungan statis yang ada diantaranya merupakan gambaran dari ...

 

a.       Use Case Diagram

b.       Activity Diagram

c.       Class Diagram

d.       Sequence Diagram

e.       Deployment Diagram

 

2.       Deskripsi dari satu set objek-objek yang berbagi atribut-atribut, operasi-operasi, relasi-relasi, semantik-semantik yang sama disebut dengan ...

 

a.       class

b.       association

c.       atribut

d.       method

e.       operation

 

3.       Spesifikasi yang dapat dimiliki oleh kelas, atribut dan operasi yang menentukan hak akses atau jangkauan atribut dan operasi tersebut disebut dengan ...

 

a.       visibility

b.       private

c.       protected

d.       package

e.       public

 

4.       Aggregation (agregasi) adalah ...

 

a.       Hubungan struktural yang menspesifikasikan bahwa objek-objek dari satu hal terhubung dengan objek yang lainnya

b.       Hubungan keseluruhan/bagian, dimana satu kelas merepresentasikan hal yang lebih besar keseluruhan yang berisi hal lebih kecil bagian

c.       Hubungan kepemilikan yang lebih kuat dan lifetime dari objek sebagai bagian dari keseluruhan

d.       spesifikasi jangkauan kardinalitas yang diijinkan yang dimiliki suatu entitas

e.       hubungan antara kelas umum dengan kelas khusus

 

5.       Suatu kelas child yang dapat mewarisi struktur yang tingkah laku dari kelas parent nya merupakan hubungan ...

 

a.       association

b.       multiplicity

c.       object

d.       composition

e.        generalization

 

Pertemuan 4

 

1.       Diagram yang menggambarkan kelakuan objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan diterima antar objek adalah ...

 

a.       Use Case Diagram

b.       Activity Diagram

c.       Class Diagram

d.       Sequence Diagram

e.       Deployment Diagram

 

2.       Simbol sequence diagram yang benar adalah ...

a.       terminator, process, decision

b.       boundary class, control class, entity class

c.       actor, flow, use case

d.       lifeline, actor, decision

e.       activation, start point, for

 

3.       Simbol yang menggambarkan pesan/hubungan antar obyek, yang menunjukkan urutan kejadian yang terjadi adalah ...

 

a.       lifeline

b.       actor

c.       message to self

d.       activation

e.       object message

 

4.       Simbol yang menggambarkan pesan/hubungan objek itu sendiri, yang menunjukkan urutan kejadian yang terjadi adalah ...

 

a.       lifeline

b.       actor

c.       message to self

d.       activation

e.       object message

 

5.       Control class pada sequence diagram berisi ...

 

a.       kumpulan kelas yang menjadi interface

b.       logika aplikasi yang tidak memiliki tanggungjawab kepada entitas

c.       kumpulan kelas berupa entitas-entitas

d.       Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem

e.       pesan/hubungan objek itu sendiri

 

 

 

 

 

Pertemuan 5

 

1.       Diagram yang menggambarkan topologi hardware yang ada pada sistem adalah ...

 

a.       Use Case Diagram

b.       Activity Diagram

c.       Class Diagram

d.       Sequence Diagram

e.       Deployment Diagram

 

2.       Simbol dari deployment diagram adalah ...

 

a.       fork, join

b.       actor, entity

c.       boundary, control

d.       object message, message to self

e.       node, connection

 

3.       Implementasi kode atas setiap metode pada setiap kelas dengan memberikan visibility ...

 

a.       public

b.       protected

c.       private

d.       encapsulation

e.       class

 

4.       Simbol yang berfungsi menggambarkan interaksi antar device disebut dengan ...

 

a.       node

b.       connection

c.       software

d.       flow e. package

 

5.       Unit komputasi yang dapat berupa hardware maupun software disebut dengan ...

 

a.       Node

b.       connection

c.       software

d.       flow

e.       package

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 6

 

1.       Proses melaksanakan atau mengevaluasi sistem atau komponen sistem disebut dengan ..

 

a.       identifikasi

b.       analisis

c.       desain

d.       implementasi

e.       pengujian

 

2.       Serangkaian tugas untuk memastikan bahwa setiap fungsi telah diimplementasikan dengan benar pada perangkat lunak disebut ...

 

a.       verifikasi

b.       validasi

c.       test data

d.       test cases

e.       scenario

 

3.       Input yang digunakan untuk menguji sistem dan memprediksi output dari input jika sistem beroperasi sesuai dengan spesifikasi disebut ...

 

a.       verifikasi

b.       validasi

c.       test data

d.       test cases

e.       scenario

 

4.       Kesalahan dalam logika yang mungkin menimbulkan failure ketika program sedang dijalankan merupakan definisi dari ...

 

a.       fault

b.       error

c.       failure

d.       acceptance

e.       integration

 

5.       Pengujian yang bertujuan untuk melihat spesifikasi program disebut ...

 

a.       black box testing

b.       white box testing

c.       integration testing

d.       basic testing

e.       beta testing

 

 

 

 

 

Pertemuan 7

 

1.       Pemikiran pokok Sukamto dan Salahuddin (2013) mengenai analisis sistem adalah

 

a.       Kegiatan untuk melihat lingkungan sekitar

b.       Kegiatan untuk melihat sistem yang sudah berjalan

c.       Kegiatan untuk menggambarkan struktur organisasi

d.       Kegiatan untuk mencari dasar pemikiran

e.       Kegiatan untuk mencari pendapat pakar mengenai sistem

 

2.       Langkah awal dalam menganalisa sebuah sistem adalah

 

a.       Analyze

b.       Understand

c.       Theory

d.       Identify

e.       Report

 

3.       Urutan langkah dalam menganalisa sistem sebagai berikut…

 

a.       Analyze understand theory - report

b.       Understand theory - identify – report

c.       Theory – identify– report analyze

d.       Identify understand analyze - report

e.       Report analyze understand – theory

 

4.       Alasan paling tepat sebuah sistem perlu pengembangan adalah

 

a.       Adanya permasalahan, peluang dan perintah atasan

b.       Adanya saingan

c.       Adanya penolakan oleh pemerintah

d.       Adanya ketidaksesuaian dengan undang-undang

e.       Adanya kesempatan mengikuti kompetisi

 

5.       Sistem yang baik ketika sistem tersebut

 

a.       Berorientasi objek

b.       Menggunakan model waterfall

c.       Selalu meyesuaikan dengan perubahan

d.       Mengikuti urutan fase umum SDLC

e.       Selalu diuji coba menggunakan black box testing

 

6.       Menentukan bagaimana sistem akan beroperasi adalah fase dalam SDLC

 

a.       Planning

b.       Analyze

c.       Design

d.       Report

e.       Implementation

 

7.       Fungsi melindungi objek dari dunia luar sehingga seseorang tidak akan mampu merusaknya adalah karakteristik metode berorientasi objek

 

a.       Encapsulation

b.       Inheritance

c.       Polymorphism

d.       Derivative

e.       Diversity

 

8.       Fungsi melindungi objek dari dunia luar sehingga seseorang tidak akan mampu merusaknya adalah karakteristik metode berorientasi objek

 

a.       Encapsulation

b.       Inheritance

c.       Polymorphism

d.       Derivative

e.       Diversity

 

9.       Kemampuan suatu bahasa pemrograman untuk memiliki fungsi-fungsi atau metode yang bernama sama tapi berbeda dalam parameter dan implementasi kodenya adalah karakteristik metode berorientasi objek

 

a.       Encapsulation

b.       Inheritance

c.       Polymorphism

d.       Derivative

e.       Diversity

 

10.   Model pengembangan perangkat lunak yang menekankan fase-fase yang berurutan dan sistematis adalah model

 

a.       Prototype

b.       R & D

c.       Spiral

d.       Iteratif

e.       Waterfall

 

11.   Unified Model Language adalah

 

a.       Penyatuan dari berbagai bahasa permodelan

b.       Penyatuan dari berbagai model metode pemodelan

c.       Penyatuan dari berbagai fungsi permodelan

d.       Penyatuan dari berbagai uji coba sistem

e.       Penyatuan dari berbagai bahasa sistem

 

12.   Unified Model Language Diagram adalah

 

a.       Sistem yang berjalan

b.       Grafik dengan simbol elemen menggambarkan bagian tertentu dari sistem

c.       Simbol elemen dari rangakaian uji coba sistem

d.       Grafik dengan simbol elemen menggambarkan bagian tertentu dari uji coba sistem

e.       Grafik dengan simbol elemen menggambarkan bagian tertentu dari bahasa pemrograman

 

13.   Bagian-bagian UML yang paling tepat adalah

 

a.       View, Language system, Diagram, Model Element

b.       Language System, Diagram, Model Element, General Mechanism

c.       Diagram, Model Element, General Mechanism, Use Case

d.       View, Diagram, Model Element, General Mechanism

e.       Language System, Diagram, Model Element, Use Case

 

14.   Diagram yang mewakili konsep yang bermakna dari sistem, dan dapat mencakup konsep abstrak, dunia nyata dan implementasi adalah

 

a.       Diagram Struktur

b.       Diagram Perilaku

c.       Diagram Sistem

d.       Diagram Model

e.       Diagram Bahasa

 

15.   Diagram yang menunjukkan perilaku dinamis dari objek dalam suatu sistem, yang dapat digambarkan sebagai serangkaian perubahan pada sistem dari waktu ke waktu adalah

 

a.       Diagram Struktur

b.       Diagram Perilaku

c.       Diagram Sistem

d.       Diagram Model

e.       Diagram Bahasa

 

16.   Elemen Use Case yang mengekspresikan goal dari sistem yang harus dicapai adalah

 

a.       Actor

b.       Use Case

c.       Boundary

d.       Relationship

e.       Association

 

17.   Batasan sistem dalam relasi dengan aktor-aktor yang menggunakanya adalah

 

a.       Actor

b.       Use Case

c.       Boundary

d.       Relationship

e.       Association

 

18.   Dalam Activity Diagram aksi individual yang bersifat komputasional adalah

 

a.       Action

b.       Activity

c.       Control Flow

d.       Flow Final Node

e.       Fork and Join

 

19.   Dalam Activity Diagram unit organisasional adalah

 

a.       Action

b.       Activity

c.       Control Flow

d.       Flow Final Node

e.       Fork and Join

 

20.   Dalam Activity Diagram yang mengindikasikan proses yang paralel adalah

 

a.       Action

b.       Activity

c.       Control Flow

d.       Flow Final Node

e.       Fork and Join

 

21.   Unit komputasi yang dapat berupa hardware maupun software, merupakan fungsi dari symbol ….  dalam deployment diagram.

 

a.       Connection

b.       Asosiasi

c.       Node

d.       Simpul

e.       Edge

 

22.   Simbol Node digambarkan dalam bentuk :

 

a.       Kotak

b.       Lingkaran

c.       Kubus

d.       Segiempat

e.       Belah ketupat

 

23.   …. digambarkan dengan kubus tanpa bayangan.

 

a.       Asosiasi

b.       Device

c.       Processor

d.       Hardware

e.       Software

 

24.   Dalam menggambarkan kabel RS-232, koneksi Ethernet, koneksi LAN, satelit, RMI, WAP, SOAP, ODBC, JDBC-ODBC menggunakan symbol?

 

a.       Connection

b.       Asosiasi

c.       Node

d.       Simpul

e.       Edge

 

25.   Menggambarkan topologi hardware yang ada pada sistem dan merupakan bagian dari spesifikasi arsitektur sistem, disebut dengan

 

a.       Component diagram

b.       Collaboration diagram

c.       Deployment Diagram

d.       State Machine Diagram

e.       Interaction Diagram

 

26.   Serangkaian aktivitas untuk menemukan kesalahan dalam isi, fungsi, kegunaan, kemampuan navigasi, kinerja kapasitas dan keamanan aplikasi web disampaikan oleh

 

a.       Fowler

b.       Dennis

c.       Pressman

d.       Sukamto dan Shalahuddin

e.       Myers

 

27.   Kesalahan dalam logika yang mungkin menimbulkan failure ketika program sedang dijalankan disebut dengan

 

a.       Error

b.       Fault

c.       Failure

d.       Null

e.       Sintaks error

 

28.   Pengujian perangkat lunak adalah proses mengeksekusi program atau sistem dengan tujuan menemukan kesalahan, disampaikan oleh

 

a.       Fowler

b.       Dennis

c.       Pressman

d.       Sukamto dan Shalahuddin

e.       Myers

 

29.   Pengujian berhenti ketika sumberdaya yang dialokasikan (waktu, anggaran, test case) telah habis disebut…

 

a.       Test data

b.       Test case

c.       Optimistic

d.       Pesimistic

e.       Integration

 

30.   Menjelaskan kecacatan yang ada pada antarmuka dan interaksi yang ada pada modul disebut..

 

a.       Test data

b.       Test case

c.       Optimistic

d.       Pesimistic

e.       Integration



 

 


 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Akuntansi Biaya dan Praktik Pertemuan 4

1. Diket: Produk masuk proses 3.000 kg, produk selesai ditransfer ke dept 2 sebesar 2.600, Produk dalam proses akhir 300 kg (100%BB, 50% BK), Produk hilang akhir proses sebanyak 100 kg. Berapakah unit ekuivalen Biaya Overhead pabrik: a. 3.000 kg b. 2.850 kg c. 2.750 kg d. 2.600 kg e. 2.900 kg Cara Hitung : Diket : Barang Masuk = 3000kg Barang Jadi = 2600kg BDP = 300(100%BB,50%BK) Barang Hilang = 100kg Unit ekuivalen BOP = 2600kg + (50% x 300kg) + 100 = 2600kg + 150kg + 100kg = 2850kg 2. Suatu produk yang hilang setelah proses produksi berjalan sehingga telah menyerap biaya produksi disebut: a. Produk hilang awal proses b. Produk hilang akhir proses c. Produk rusak d. Produk cacat e. Produk jadi 3. Diketahui produk selesai di departemen pertama sebanyak 400 unit, produk dalam proses akhir 100 unit (100% BB, 70% BK) dan produk hilang awal proses sebesar 30 unit, berapa unitkah produk yang dimasukkan kedalam proses: a. 470 b. 530 c. 500 d. 600 e. 700 Caran...

Latihan Soal Analisa Laporan Keuangan Pertemuan 4

1. Jika dalam membandingkan LK Trend Prosentase menggunakan data lebih dari tiga tahun maka analisa yang dipergunakan adalah :  *   A. Angka Index B. Angka Tunggal C. Angka Random D. Angka Nominal E. Angka Variabel 2. yang tidak termasuk hal-hal yang di tunjukan dalam perbandingan terhadap analisa LK sebagai berikut :  *   A. Data Absolut B. Perubahan Prosentase C. Perbandingan Ratio D. Data Relatip Saja E. Perbandingan Data 3. syarat suatu data dapat diperbandingan adalah selain kosekuensi pencatatan adalah :   A. Terjadi Perubahan Nilai B. Tak terjadi Perubahan Nilai C. Terjadinya Inflasi D. Terjadinya Deflasi E. Terjadinya Kolusi   4. Jika terjadi perubahan nilai karena adanya inflasi maupun deflasi, maka pada saat perbandingan LK data harus terlebih dahulu dilakukan :  *   A. Adjusment B. Digabungkan C. Dirata-rata D. Dikomposisikan E. Pemecahan 5. Membagi jumlah tiap pos yang terdapat ...

Latihan Statistika Pertemuan 3

  1. Nilai-nilai yang membagi sehimpunan data menjadi seratus bagian yang sama yaitu.. a. Desil                                                   d . Fraktil b. Persentil                                           e . Median c. Kuartil   2. Median merupakan … a. Kuartil ke-1                                    d. Presentil ke 50 b . Kuartil ke-2        ...