Pertemuan 1
1. Kegiatan
untuk melihat sistem yang sudah berjalan, melihat bagian mana yang bagus dan
tidak bagus dan kemudian
mendokumentasikan
kebutuhan
yang akan
dipenuhi dalam sistem yang baru
merupakan
definisi dari
...
a.
pengumpulan data
b. analisis sistem
c.
desain sistem
d.
implementasi
e.
pengujian
2.
Memahami
kerja dari sistem yang ada merupakan
analisis sistem pada langkah ...
a.
identify
b. understand
c.
analyze
d.
report
e.
implementation
3.
Contoh pewarisan (inheritance) yang benar dari Kelas SegiTiga adalah
...
a. kelas
Lingkaran dan kelas
SegiTiga SamaSisi
b. kelas
Persegi
dan
kelas PersegiPanjang
c. kelas Lingkaran dan kelas Tabung
d.
kelas SegiTiga SamaSisi dan kelas SegiTiga SamaKaki
e. kelas SegiTiga dan
kelas Trapesium
4.
Fase Software Development Life Cycle (SDLC) yang benar adalah
...
a.
Perencanaan
- Analisis - Desain
- Implementasi
b. Identify -
Understanding
- Analyze - Report
c. Identifikasi - Observasi
- Analisis - Implementasi
d. Analisis - Desain
- Implementasi - Pemeliharaan
e. Perencanaan - Desain - Analisis – Pengujian
5. Model SDLC yang paling sederhana dalam pengembangan
perangkat lunak dengan spesifikasi yang tidak berubah-rubah
disebut dengan
model
...
a.
Prototype
b.
R &
D
c.
Spiral
d.
Iteratif
e. Waterfall
Pertemuan 2
1.
Diagram yang menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan
dari sebuah sistem disebut dengan
a. Use Case Diagram
b.
Activity Diagram
c.
Class Diagram
d.
Sequence Diagram
e.
Deployment Diagram
2.
Simbol yang merepresentasikan
sebuah
interaksi
antara aktor
dengan
sistem adalah
...
a.
Relationship
b.
Actor
c. Use Case
d.
Class
e.
Boundary
3.
Contoh dari actor yang benar
dalam use case diagram adalah ...
a.
Buka rekening
b.
Catat data pribadi
c. Bagian keuangan
d.
Mengelola pustaka
e.
Melakukan registrasi
4. Workflow (aliran kerja) atau
simbol
dari sebuah
sistem atau
proses bisnis atau menu yang ada
diperangkat lunak merupakan definisi
dari ...
a.
Use Case Diagram
b. Activity Diagram
c.
Class Diagram
d.
Sequence Diagram
e.
Deployment Diagram
5.
Arus kendali
dari suatu action/activity ke action/activity yang lain
merupakan
fungsi dari
simbol
...
a.
Initial Node
b.
Final Node
c. Control Flow
d.
Activity
e.
Decision
Pertemuan 3
1. Jenis-jenis dari objek dalam suatu sistem dan
berbagai
jenis hubungan
statis yang ada diantaranya merupakan gambaran dari ...
a.
Use Case Diagram
b.
Activity Diagram
c. Class Diagram
d.
Sequence Diagram
e.
Deployment Diagram
2. Deskripsi
dari satu
set
objek-objek yang berbagi atribut-atribut, operasi-operasi, relasi-relasi, semantik-semantik yang sama disebut dengan
...
a. class
b.
association
c.
atribut
d.
method
e.
operation
3. Spesifikasi yang dapat dimiliki oleh
kelas, atribut dan operasi yang menentukan hak akses atau
jangkauan
atribut dan
operasi tersebut disebut dengan
...
a. visibility
b.
private
c.
protected
d.
package
e.
public
4.
Aggregation (agregasi) adalah ...
a. Hubungan struktural yang menspesifikasikan bahwa objek-objek dari satu hal terhubung dengan
objek yang lainnya
b.
Hubungan keseluruhan/bagian, dimana satu kelas
merepresentasikan hal yang
lebih besar keseluruhan yang berisi hal lebih kecil bagian
c. Hubungan kepemilikan yang lebih kuat dan lifetime dari objek sebagai bagian dari keseluruhan
d. spesifikasi jangkauan kardinalitas
yang
diijinkan yang dimiliki suatu entitas
e. hubungan antara kelas
umum dengan kelas khusus
5. Suatu
kelas child
yang dapat mewarisi
struktur
yang tingkah laku
dari kelas parent nya merupakan
hubungan
...
a.
association
b.
multiplicity
c.
object
d.
composition
e.
generalization
Pertemuan 4
1. Diagram yang menggambarkan kelakuan objek pada use case dengan
mendeskripsikan
waktu hidup objek dan
pesan
yang dikirimkan
dan
diterima antar objek adalah
...
a.
Use Case Diagram
b.
Activity Diagram
c.
Class Diagram
d.
Sequence Diagram
e.
Deployment Diagram
2.
Simbol sequence diagram yang benar adalah
...
a. terminator, process, decision
b.
boundary class, control class, entity class
c. actor, flow, use case
d. lifeline, actor, decision
e. activation,
start point, for
3. Simbol
yang menggambarkan pesan/hubungan antar
obyek, yang menunjukkan urutan kejadian
yang terjadi adalah
...
a.
lifeline
b.
actor
c.
message to self
d.
activation
e.
object message
4. Simbol
yang menggambarkan pesan/hubungan objek itu sendiri, yang menunjukkan
urutan
kejadian yang terjadi
adalah ...
a.
lifeline
b.
actor
c.
message to self
d.
activation
e.
object message
5.
Control class pada sequence diagram berisi ...
a. kumpulan kelas
yang menjadi interface
b.
logika aplikasi yang tidak memiliki tanggungjawab kepada
entitas
c. kumpulan kelas
berupa entitas-entitas
d. Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem
e. pesan/hubungan objek itu sendiri
Pertemuan 5
1.
Diagram yang menggambarkan topologi
hardware yang ada pada sistem adalah ...
a.
Use Case Diagram
b.
Activity Diagram
c.
Class Diagram
d.
Sequence Diagram
e. Deployment Diagram
2.
Simbol dari
deployment diagram adalah
...
a.
fork, join
b.
actor, entity
c.
boundary, control
d.
object message, message to self
e. node, connection
3.
Implementasi kode atas setiap metode pada setiap kelas dengan
memberikan visibility ...
a. public
b.
protected
c.
private
d.
encapsulation
e.
class
4.
Simbol yang berfungsi menggambarkan interaksi antar
device disebut dengan
...
a.
node
b. connection
c.
software
d.
flow e. package
5.
Unit komputasi yang dapat berupa hardware maupun
software disebut dengan ...
a. Node
b.
connection
c.
software
d.
flow
e.
package
Pertemuan 6
1.
Proses melaksanakan atau mengevaluasi
sistem atau
komponen sistem disebut dengan ..
a.
identifikasi
b.
analisis
c.
desain
d.
implementasi
e. pengujian
2. Serangkaian
tugas untuk memastikan
bahwa setiap fungsi telah
diimplementasikan dengan benar pada perangkat lunak disebut ...
a. verifikasi
b.
validasi
c.
test data
d.
test cases
e.
scenario
3. Input yang digunakan
untuk menguji sistem dan
memprediksi
output dari
input jika sistem
beroperasi
sesuai
dengan
spesifikasi disebut ...
a.
verifikasi
b.
validasi
c.
test data
d. test
cases
e.
scenario
4. Kesalahan dalam logika yang mungkin menimbulkan
failure ketika program sedang dijalankan
merupakan
definisi dari
...
a.
fault
b. error
c.
failure
d.
acceptance
e.
integration
5.
Pengujian yang bertujuan
untuk melihat spesifikasi program disebut ...
a. black box testing
b.
white box testing
c.
integration testing
d.
basic testing
e.
beta testing
Pertemuan 7
1.
Pemikiran pokok Sukamto dan Salahuddin (2013) mengenai analisis sistem adalah…
a. Kegiatan untuk melihat lingkungan sekitar
b. Kegiatan untuk melihat sistem yang sudah berjalan
c. Kegiatan untuk menggambarkan struktur organisasi
d. Kegiatan untuk mencari dasar pemikiran
e. Kegiatan untuk mencari pendapat pakar mengenai sistem
2.
Langkah awal dalam menganalisa sebuah
sistem adalah…
a.
Analyze
b.
Understand
c.
Theory
d. Identify
e.
Report
3.
Urutan langkah
dalam menganalisa sistem sebagai berikut…
a.
Analyze – understand – theory - report
b.
Understand – theory - identify – report
c.
Theory – identify– report – analyze
d. Identify – understand – analyze - report
e.
Report – analyze – understand
– theory
4.
Alasan paling tepat sebuah
sistem perlu pengembangan
adalah…
a.
Adanya permasalahan, peluang dan perintah atasan
b. Adanya saingan
c. Adanya penolakan oleh
pemerintah
d. Adanya ketidaksesuaian dengan undang-undang
e. Adanya kesempatan mengikuti kompetisi
5.
Sistem yang baik ketika sistem tersebut…
a. Berorientasi objek
b. Menggunakan model waterfall
c.
Selalu meyesuaikan dengan perubahan
d. Mengikuti urutan fase umum SDLC
e. Selalu diuji coba menggunakan black box testing
6.
Menentukan
bagaimana sistem akan beroperasi adalah
fase… dalam SDLC
a.
Planning
b.
Analyze
c. Design
d.
Report
e.
Implementation
7.
Fungsi melindungi objek dari
dunia luar
sehingga seseorang tidak akan mampu merusaknya adalah
karakteristik metode berorientasi objek…
a. Encapsulation
b.
Inheritance
c.
Polymorphism
d.
Derivative
e.
Diversity
8.
Fungsi melindungi objek dari
dunia luar
sehingga seseorang tidak akan mampu merusaknya adalah
karakteristik metode berorientasi objek…
a. Encapsulation
b.
Inheritance
c.
Polymorphism
d.
Derivative
e.
Diversity
9. Kemampuan
suatu
bahasa pemrograman
untuk memiliki fungsi-fungsi
atau
metode yang bernama sama tapi
berbeda dalam parameter dan implementasi kodenya adalah
karakteristik metode berorientasi objek…
a.
Encapsulation
b.
Inheritance
c. Polymorphism
d.
Derivative
e.
Diversity
10.
Model pengembangan perangkat lunak yang menekankan fase-fase yang berurutan dan sistematis adalah
model…
a.
Prototype
b.
R &
D
c.
Spiral
d.
Iteratif
e. Waterfall
11.
Unified Model
Language adalah…
a.
Penyatuan dari berbagai bahasa permodelan
b. Penyatuan dari berbagai model metode pemodelan
c. Penyatuan dari berbagai fungsi permodelan
d. Penyatuan dari berbagai uji coba sistem
e. Penyatuan dari berbagai bahasa sistem
12.
Unified Model
Language Diagram adalah…
a. Sistem yang berjalan
b. Grafik dengan simbol
elemen menggambarkan bagian tertentu dari sistem
c. Simbol elemen dari rangakaian uji coba sistem
d. Grafik dengan simbol
elemen menggambarkan bagian tertentu dari uji coba sistem
e.
Grafik dengan simbol
elemen menggambarkan bagian tertentu dari
bahasa pemrograman
13.
Bagian-bagian UML
yang paling tepat adalah…
a. View, Language system, Diagram, Model Element
b. Language System, Diagram, Model Element,
General Mechanism
c. Diagram, Model Element, General Mechanism, Use Case
d.
View, Diagram, Model Element, General Mechanism
e. Language System, Diagram, Model Element, Use Case
14.
Diagram yang mewakili konsep yang bermakna dari sistem, dan dapat mencakup
konsep abstrak, dunia nyata dan
implementasi
adalah…
a. Diagram Struktur
b.
Diagram Perilaku
c.
Diagram Sistem
d.
Diagram Model
e.
Diagram Bahasa
15. Diagram yang menunjukkan perilaku
dinamis dari
objek dalam suatu sistem, yang dapat
digambarkan
sebagai
serangkaian
perubahan
pada sistem dari
waktu ke waktu adalah…
a.
Diagram Struktur
b. Diagram Perilaku
c.
Diagram Sistem
d.
Diagram Model
e.
Diagram Bahasa
16.
Elemen Use Case
yang mengekspresikan
goal
dari sistem yang harus dicapai
adalah…
a.
Actor
b. Use
Case
c.
Boundary
d.
Relationship
e.
Association
17.
Batasan sistem dalam relasi dengan aktor-aktor yang menggunakanya adalah…
a.
Actor
b.
Use Case
c. Boundary
d.
Relationship
e.
Association
18.
Dalam Activity Diagram aksi individual yang bersifat komputasional
adalah…
a. Action
b.
Activity
c.
Control Flow
d.
Flow Final Node
e.
Fork and Join
19.
Dalam Activity Diagram unit organisasional
adalah…
a.
Action
b. Activity
c.
Control Flow
d.
Flow Final Node
e.
Fork and Join
20.
Dalam Activity Diagram yang mengindikasikan proses yang paralel adalah…
a.
Action
b.
Activity
c.
Control Flow
d.
Flow Final Node
e. Fork
and Join
21.
Unit komputasi yang dapat berupa hardware maupun software, merupakan fungsi dari
symbol ….
dalam deployment diagram.
a.
Connection
b.
Asosiasi
c. Node
d.
Simpul
e.
Edge
22.
Simbol Node digambarkan dalam bentuk :
a.
Kotak
b.
Lingkaran
c. Kubus
d.
Segiempat
e.
Belah ketupat
23.
………. digambarkan dengan kubus tanpa bayangan.
a.
Asosiasi
b. Device
c.
Processor
d.
Hardware
e.
Software
24. Dalam menggambarkan kabel RS-232, koneksi
Ethernet, koneksi LAN, satelit, RMI, WAP, SOAP,
ODBC, JDBC-ODBC menggunakan
symbol?
a. Connection
b.
Asosiasi
c.
Node
d.
Simpul
e. Edge
25.
Menggambarkan
topologi
hardware yang ada pada sistem dan merupakan bagian dari
spesifikasi
arsitektur
sistem, disebut dengan…
a. Component diagram
b. Collaboration diagram
c.
Deployment Diagram
d. State Machine Diagram
e. Interaction Diagram
26.
Serangkaian aktivitas untuk menemukan kesalahan dalam isi, fungsi, kegunaan, kemampuan navigasi, kinerja kapasitas dan
keamanan aplikasi
web disampaikan oleh…
a.
Fowler
b.
Dennis
c. Pressman
d.
Sukamto dan Shalahuddin
e.
Myers
27.
Kesalahan
dalam logika yang mungkin
menimbulkan failure ketika program sedang dijalankan disebut dengan…
a. Error
b.
Fault
c.
Failure
d.
Null
e.
Sintaks error
28.
Pengujian perangkat lunak adalah proses mengeksekusi program atau
sistem dengan tujuan menemukan
kesalahan, disampaikan oleh…
a.
Fowler
b.
Dennis
c.
Pressman
d.
Sukamto dan Shalahuddin
e. Myers
29.
Pengujian berhenti
ketika sumberdaya yang dialokasikan (waktu, anggaran, test case) telah habis
disebut…
a.
Test data
b.
Test case
c.
Optimistic
d. Pesimistic
e.
Integration
30.
Menjelaskan kecacatan yang ada pada antarmuka dan interaksi yang ada pada modul disebut..
a.
Test data
b.
Test case
c.
Optimistic
d.
Pesimistic
e. Integration
Comments
Post a Comment